Model Kegiatan : Tatap Muka
Nama Kegiatan : Penilaian Berbasis Kelas
Pertemuan : ke 2
Jenis Tagihan : Program Evaluasi yang berbasis kelas
Untuk sekolah masing masing
PROGRAM PENILAIAN BERBASIS KELAS
o PENGERTIAN PENILAIAN KELAS
o CIRI PENILAIAN KELAS
o TEKNIK PENILAIAN KELAS
o MANFAAT HASIL PENILAIAN
o KETUNTASAN BELAJAR
o PELAPORAN
o PENGERTIAN PENILAIAN KELAS
Penilaian adalah proses sitimatis meliputi pengumpulan informasi ( angka,
deskripsi verbal ) , analisis, interprestasi informasi untuk membuat keputusan .
o PENILAIAN KELAS
Proses pengumpulan dan penggunaan informasi ( angka, deskripsi verbal )
yang obyektif oleh guru ybs melalui sejumlah bukti untuk menentukan pencapaiab
hasil / belajar kompetensi siswa .
o CIRI PENILAIAN KELAS
- Belajar Tuntas
- Otentik
- Berkesinambungan
- Berdasarkan Acuan Kriteria / Patokan
- Menggunakan berbagai cara dan alat penilaian
- Unjuk Kerja ( Performance ) Penilaian melalui pengamatan terhadap aktifitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, inter aksi, tingkah laku )
Penugasan ( Proyek/Project )
- Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelididikan yang harus selesai dalam waktu tertentu.
Hasil Kerja ( Produk/Product )
- Penilaian terhadap produk teknologi dan seni
- Penilaian terhadap persiapan
- Penilaian terhadap proses
Tertulis ( Paper & Pen )
Memilih dan mensuplai jawaban secara tertulis
Portofolio ( Portofolio )
Penilaian melalui hasil koleksi karya ( hasil kerja ) siswa yang sistematis
Sikap ( Aptitude )
Penilaian terhadap prilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap.
Diri ( Self Assesment )
Menilai diri sendiri berkaitan dengan status, proses tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya .
o MANFAAT HASIL PENILAIAN
o Mengetahui efektitifitas suatu program
o Mengukur tingkat ketercapaian suatu program
o Sebagai bahan balikan untuk perbaikan dan pengayaan
o Sebagai bahan masukan proses penempatan
o Sebagai bahan masukan proses pengembangan
KETUNTASAN BELAJAR
- Tingkat penguasaan bahan belajar melebihi standar rata-rata minimal suatu kompetensi ( tujuan )
- Kriteria ketuntasan belajar Perindikator
- Kriteria : 0 % - 100 %
- Ideal : 75 %
Kemampuan Akademis siswa
Kompleksitas indikator
Daya dukung : Guru, sarana
o Tuntas : Skor ≥ Kriteria ketuntasan
o Tuntas indikator KD SK Mapel
o Kriteria Penetapan Ketuntasan Belajar
A. Dengan cara memberi point pada setiap kriteria yang ditetapkan
- Kompleksitas Tinggi = 1
Rendah = 3
- Daya dukung Tinggi = 1
- Sedang = 2
- Rendah = 3
- Tingkat akademis Tinggi = 3
- Sedang = 2
- Contoh : Jika kondisi indikator 1
Daya dukung : tinggi
Kemampuan akademis siswa : sedang
Maka kriteria ketuntasan belajar menjadi :
( 3 + 3 + 2 ) x 100 = 88,89 %
9
B. Dengan memberikan pertimbangan professional
judgement pada setiap kriteria untuk
menetapkan nilai .
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
BalasHapusDiscover cheap Harrah's Cherokee 충청북도 출장마사지 Casino & Hotel in Cherokee, 당진 출장마사지 NC. Find 김포 출장안마 reviews 울산광역 출장안마 and 양주 출장샵 discounts for AAA/AARP members, seniors, extended stays & military.