Senin, 14 Februari 2011

PERTEMUAN 2 (PENILAIAN BERBASIS KELAS)

TAGIHAN PROGRAM KKKS BERMUTU



Model Kegiatan   : Tatap Muka
Nama Kegiatan   : Penilaian Berbasis Kelas
Pertemuan          : ke 2
Jenis Tagihan      : Program Evaluasi yang berbasis kelas
Untuk sekolah masing masing


PROGRAM PENILAIAN BERBASIS KELAS

o PENGERTIAN PENILAIAN KELAS
o CIRI PENILAIAN KELAS
o TEKNIK PENILAIAN KELAS
o MANFAAT HASIL PENILAIAN
o KETUNTASAN BELAJAR
o PELAPORAN


o PENGERTIAN PENILAIAN KELAS
Penilaian adalah proses sitimatis meliputi pengumpulan informasi ( angka,
deskripsi verbal ) , analisis, interprestasi informasi untuk membuat keputusan .

o PENILAIAN KELAS
   Proses pengumpulan dan penggunaan informasi ( angka, deskripsi verbal )
   yang obyektif oleh guru ybs melalui sejumlah bukti untuk menentukan pencapaiab
   hasil / belajar kompetensi siswa .


o CIRI PENILAIAN KELAS
  • Belajar Tuntas
  • Otentik
  • Berkesinambungan
  • Berdasarkan Acuan Kriteria / Patokan
  • Menggunakan berbagai cara dan alat penilaian
TEKNIK / CARA PENILAIAN
  • Unjuk Kerja ( Performance ) Penilaian melalui pengamatan terhadap aktifitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, inter aksi, tingkah laku )

Penugasan ( Proyek/Project )
  • Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelididikan yang harus selesai dalam waktu tertentu.

Hasil Kerja ( Produk/Product )
  • Penilaian terhadap produk teknologi dan seni
  • Penilaian terhadap persiapan
  • Penilaian terhadap proses

Tertulis ( Paper & Pen )
Memilih dan mensuplai jawaban secara tertulis

Portofolio ( Portofolio )
Penilaian melalui hasil koleksi karya ( hasil kerja ) siswa yang sistematis

Sikap ( Aptitude )
Penilaian terhadap prilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap.

Diri ( Self Assesment )
Menilai diri sendiri berkaitan dengan status, proses tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya .

o MANFAAT HASIL PENILAIAN
o Mengetahui efektitifitas suatu program
o Mengukur tingkat ketercapaian suatu program
o Sebagai bahan balikan untuk perbaikan dan pengayaan
o Sebagai bahan masukan proses penempatan
o Sebagai bahan masukan proses pengembangan

 KETUNTASAN BELAJAR
  •  Tingkat penguasaan bahan belajar melebihi standar rata-rata minimal suatu kompetensi ( tujuan )
  •  Kriteria ketuntasan belajar Perindikator
  • Kriteria : 0 % - 100 %
  • Ideal : 75 %
Sekolah menetapkan sendiri dengan pertimbangan
Kemampuan Akademis siswa
Kompleksitas indikator
Daya dukung : Guru, sarana
o Tuntas : Skor ≥ Kriteria ketuntasan
o Tuntas indikator KD SK Mapel

o Kriteria Penetapan Ketuntasan Belajar
A. Dengan cara memberi point pada setiap kriteria yang ditetapkan
  • Kompleksitas Tinggi = 1
Sedang = 2
Rendah = 3

  • Daya dukung Tinggi = 1
  • Sedang = 2
  • Rendah = 3

  • Tingkat akademis Tinggi = 3
  • Sedang = 2

  • Contoh : Jika kondisi indikator 1
Kompleksitas : rendah
Daya dukung : tinggi
Kemampuan akademis siswa : sedang
Maka kriteria ketuntasan belajar menjadi :
( 3 + 3 + 2 ) x 100 = 88,89 %
9

B. Dengan memberikan pertimbangan professional
judgement pada setiap kriteria untuk
menetapkan nilai .

1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    Discover cheap Harrah's Cherokee 충청북도 출장마사지 Casino & Hotel in Cherokee, 당진 출장마사지 NC. Find 김포 출장안마 reviews 울산광역 출장안마 and 양주 출장샵 discounts for AAA/AARP members, seniors, extended stays & military.

    BalasHapus